Penerapan Sistem Manejemen Mutu ISO 9001:2008 PT Sahabat Rubber Industries

ISO 9001 adalah suatu sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjadi pedoman bagi semua pihak dalam suatu organisasi untuk menerapkan sistem manajemen mutu secara konsisten, transparan, dan berkelanjutan. Pedoman ISO 9001 merupakan suatu proses mulai dari pelanggan sebagai orientasi keberhasilan, input ke dalam masing-masing proses dan output yang dihasilkan dari setiap proses (Rangkuti, 2013). PT Sahabat Rubber Industries yang bergerak dalam bidang industri selang gas LPG (Liquid Petroleum Gas) berusaha menjalankan perusahaan agar tetap eksis dalam persaingan dunia usaha dengan meningkatkan produktivitas, kualitas produk dan pengelolaan sistem manajemen mutu perusahaan.

PT Sahabat Rubber Industries menetapkan ISO 9001 sebagai standar sistem manajemen mutu untuk memenuhi kepuasan pelanggan. PT Sahabat Rubber Industries pernah memiliki sertifikasi ISO 9001 dan audit eksternal terakhir yang dilakukan pada tahun 2010. Akhir tahun 2012 terjadi kebakaran pabrik yang menyebabkan sistem manajemen mutunya tidak berjalan lagi, perpanjangan sertifikasi yang seharusnya dilakukan pada tahun 2013 gagal dilakukan karena perusahaan vakum.

Berdasarkan analisis ketidaksesuain dengan persyaratan ISO 9001:2008 pada PT Sahabat Rubber Industries menggunakan checklist. Klausul yang dinilai adalah klausul 4 sampai klausul 8 dimana klasul 4 sampai 8 terdiri atas sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, pengelolaan sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, analisis dan perbaikan. Kendala pada klausul 4 yaitu sistem manajemen mutu adalah kurangnya kontrol dari management representative dan keterbatasan peralatan.

Kendala pada klausul 5 yaitu tanggung jawab manajemen adalah kurangnya komitmen manajemen, kurangnya sosialisasi penerapan sistem manajemen mutu, kurangnya ketelitian dan kurangnya komunikasi. Kendala pada klausul 6 yaitu pengelolaan sumber daya adalah keterbatasan waktu dan kurang pemahaman dan keterbatasan peralatan. Kendala pada klausul 7 yaitu realisasi produk adalah komunikasi antar sub departemen buruk, kurangnya pemahaman, keterbatasan waktu dan kurang ketelitian.

Kendala pada klausul 8 yaitu pengukuran, analisis dan perbaikan adalah kurangnya kontrol dari MR, kurangnya pemahaman dan belum ada tim audit. Perbaikan pada klausul 4 adalah untuk memperbaiki penerapan sistem manajemen mutu perusahaan perlu melakukan perbaikan diantaranya perbaikan fungsi kontrol MR, pengadaan peralatan untuk pelabelan dokumen dan penggandaan dokumen asli menjadi tanggung jawab management representative. Perbaikan pada klausul 5 adalah perbaikan komunikasi internal oleh management representative, perbaikan dokumen tanggung jawab dan wewenang oleh manajer HRD, melakukan tinjauan manajemen dilakukan oleh management representative dan perlu dipertimbangkan untuk menunjuk management representative baru demi kelancaran pelaksanaan sistem manajemen mutu perusahaan.

Perbaikan pada klausul 6 adalah pengumpulan data profil karyawan oleh manajer HRD, penilaian karyawan oleh manajer HRD dan pengadaan peralatan. Perbaikan pada klausul 7 adalah penambahan dokumen pada bagian produksi oleh manajer produksi, kontrol pengisian form oleh management representative, update dokumen master terkait formulasi bahan oleh manajer logistik, verifikasi produk oleh manajer inventory, pengendalian produksi oleh manajer PPC, dan kalibrasi eksternal alat ukur oleh manajer maintenance. Perbaikan pada klausul 8 adalah perbaikan fungsi kontrol MR, survey kepuasan pelanggan oleh manajer HRD dan melakukan audit mutu internal yang dikoordinasikan oleh management representative.

 

 

Prakasa, Aditya Twin dkk. Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Menggunakan Gap Analysis Tools (Studi Kasus PT Sahabat Rubber Industries). Malang: Universitas Brawijaya (http://jrmsi.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jrmsi/article/download/173/206) Diakses pada 26 Juni 2016

Rangkuti, Freddy. (2013). Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s