Definisi Pengetahuan Lingkungan

Ilmu lingkungan (environmental science) berasal dari dua kata yaitu ilmu (science) dan lingkungan (environment). Ilmu adalah suatu upaya penggalian pengetahuan tentang bagaimana bumi ini bekerja. Menurut Darsono (1992) lingkungan merupakan semua benda atau kondisi dimana manusia tersebut mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Jadi, semua hal termasuk manusia merupakan lingkungan dan perubahan diantara keduanya akan saling mempengaruhi satu sama lain. Menurut Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto beliau mendefinisikan lingkungan sebagai jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruangan yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita, Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto menyatakan bahwa manusia & lingkungan akan saling mempengaruhi tidak jauh berbeda dengan penjelasan Darsono.

Joni Purba memiliki definisi yang sedikit berbeda dengan kedua ahli di atas, Joni Purba menekankan pengertian lingkungan pada wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya berbagai macam interaksi social antara berbagai macam kelompok sosila beserta pranatanya. Menurut Sri Hayati lingkungan sebagai kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup termasuk didalamnya.

Menurut S.J Mcnaugton dan Larry L. Wolf menyatakan bahwa lingkungan merupakan semua factor yang bersifat biologis dan fisika yang dapat langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi organisme. Pengertian lingkungan menurut para ahli di atas telah dipaparkan, para ahli menekankan benar tentang hubungan timbal balik antara lingkungan dengan manusia beserta perilakunya, apa yang kita lakukan akan berdampak pada lingkungan begitu juga sebaliknya.

Jadi dapat disimpulkan ilmu lingkungan adalah ilmu interdisipliner yang memanfaatkan konsep dan informasi dari ilmu alam (ekologi, biologi, kimia, geologi) dan ilmu sosial (ekonomi, politik, dan hukum) untuk memahami dan mempelajari bagaimana bumi bekerja, bagaimana manusia memengaruhi lingkungan (life-support system) dan untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang sedang dihadapi manusia.

Sumber:      http://dilihatya.com/643/pengertian-lingkungan- menurut-para-ahli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s