Bab 1 Android

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat pada saat ini. Salah satu contoh dari teknologi informasi adalah smartphone atau lebih dikenal dengan ponsel pintar.  Selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga dapat digunakan sebagai alat dalam mempermudah pekerjaan, proses pembelajaran, dan lain sebagainya dengan menggunakan aplikasi tertentu. Sifatnya yang mudah dibawa kemana saja (portable) dan ukurannya yang lebih kecil memudahkan pemakainya dalam menggunakannya. Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang dikembangkan Google. Keunggulan Android yang bersifat open source dan dapat dikembangkan sendiri melatar belakangi perkembangan android yang semakin pesat dan populer.

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap manusia, karena pendidikan itu sendiri sangat berguna untuk mengembangkan diri, akhlak, dan wawasan mereka kedepannnya. Bidang pendidikan dapat dijadikan suatu wadah dalam membentuk setiap individu yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas terutama dalam bidang pelajaran sejarah khususnya mengenai lagu-lagu wajib nasional di Indonesia. Banyak siswa-siswi sekolah dasar yang sangat sulit bahkan tidak tahu lagu-lagu wajib nasional yang ada di Indonesia.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi mobile saat ini yang memiliki dan menyediakan informasi dalam berbagai macam aplikasi serta fasilitas, maka penulis bermaksud membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu siswa-siswi sekolah dasar untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai lagu-lagu wajib nasional yang ada di Indonesia yang termediasasi secara digital. Penulisan ini diberi judul “Aplikasi Informasi Lagu Lagu Wajib Nasional Menggunakan Android 2.3” dimana aplikasi ini menggunakan eclipse yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

1.2       Batasan Masalah

Batasan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah pembuatan pada aplikasi pembelajaran lagu-lagu wajib nasional berbasis Android versi 2.3. Dimana dalam aplikasi yang dibuat ini hanya tersedia 23 lagu-lagu wajib nasional beserta not angkanya , dan terdapat soal-soal latihan. Aplikasi pembelajaran dan pengenalan lagu-lagu wajib nasional ini dipergunakan untuk guru atau orang tua murid untuk mengenalkannya kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

1.3       Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk membantu para guru dan orang tua murid siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) memperkenalkan lagu-lagu wajib nasional yang ada di Indonesia dengan tampilan yang lebih menarik dan menyenangkan , sehingga mempermudah dalam proses pengelanan lagu-lagu wajib nasional yang ada.

1.4       Metode Penelitian

Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan 5 metode yaitu :

  1. Melakukan studi pustaka merupakan tahap perencanaan mengetahui pokok bahasan materi dengan mencari data-data yang akan digunakan dan mempelajari buku-buku atau petunjuk yang berguna dan relevan. Serta ada pula pembelajaran yang bersumber dari media internet.
  2. Melakukan perencanaan sistem yaitu melakukan perencanaan pembuatan aplikasi ini di smarphone bersistem operasi Android.
  3. Merancang tampilan dan alur program yang dibuat.
  4. Spesifikasi perangkat yang digunakan :

spesifikasi perangkat lunak (software) komputer yang digunakan sebagai berikut :

  1. Proccessor AMD C-50 1.00 GHz.
  2. Kapasitas RAM sebesar 1 GB.

Sedangkan spesifikasi perangkat lunak (software) komputer yang digunakan sebagai berikut :

  1. Windows 7 Professional 32bit.
  2. Android SDK Manager.
  3. Eclipse Jee Galileo SR2 Win32.
  4. Java 2 SDK, Standard Editional Version 1.6.
  5. Adobe Photosop CS5.

Untuk menjalankan aplikasi ini pada smartphone Android spesifikasi minimal sebagai berikut :

  1. Processor 528 MHz ARM.
  2. RAM 192 MB.
  3. Android 2.3 GingerBread.
  4. 13 MB storage dari internal / eksternal memory untuk APK aplikasi ini.
  1. Pengujian yang merupakan tahap akhir. Aplikasi yang dibuat diuji coba pada perangkat mobile bertipe android untuk melihat bug yang terdapat pada tahap implementasi.

1.5.      Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang diterapkan penulis untuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akan memperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini menguraikan beberapa pokok persoalan yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini akan dibahas teori-teori yang berhubungan dengan   Android, Sekilas Tentang Java, XML, Eclipse Galileo, ADT serta Struktur Navigasi.

BAB III PEMBAHASAN MASALAH

Pada bab ini akan diuraikan dengan jelas mengenai Perencanaan Aplikasi, Struktur Navigasi, Rancangan Tampilan, Pembuatan Aplikasi, Spesifikasi Perangkat yang Digunakan, serta Implementasi.

BAB IV PENUTUP

Pada bab ini mengenai kesimpulan dan saran sebagai evaluasi agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk ke depannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s