Tugas softskill 2

BUDAYA KERJA RUMAH SAKIT

UNSUR KEBERLANGSUNGAN RUMAH SAKIT:

PASIEN / CUSTOMER à MANAJEMEN RS BERUSAHA SEOPTIMAL MUNGKIN MEMENUHI SEGALA KEBUTUHAN PASIEN à KEPUASAN PASIEN

PERSAINGAN ANTAR RS / COMPETITION à ANGGAPAN BAHWAN RS LAIN MEMILIKI MUTU LEBIH BAIK DAPAT MEMICU M’PERTAHANKAN BAHKAN MENINGKATKAN  KUALITAS & SLALU B’ADAPTASI ATAS P’KEMBANGAN ZAMAN

PENGHEMATAN BIAYA /COSTS à TDK SLALU DIBEBANKAN PD PASIEN, HAL INI DAPAT DIATASI DG MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS & PERBAIKAN MUTU PELAYANAN

MENGATASI KEGAWATAN/CRISIS àRS HRS DPT M’ANTISIPASI KEGAWATAN DG PREDIKSI YG TEPAT

FUNGSI BUDAYA KERJA:

PERTAMA à IDENTITAS ORGANISASI (SIMBOL DAN HARAPAN), SEHINGGA ANGGOTA ORGANISASI MERASA BANGGA TERHADAP ORGANISASINYA DAN PIHAK EKSTERNAL MENARUH RESPEK.

KEDUA à KESTABILAN ORGANISASI SEHINGGA SECARA INTERNAL SELURUH KARYAWAN MERASA TENANG DAN YAKIN, DEMIKIAN PULA PIHAK EKSTERNAL YANG BERKEPENTINGAN.

KETIGA à SBG ALAT PENDORONG ORGANISASI, SEHINGGA MAMPU MENJADI DASAR DAN PENDORONG UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI.

KEEMPAT à KOMITMEN ORGANISASI SEHINGGA MAMPU SEBAGAI KATALISATOR DALAM MEMBENTUK KOMITMEN UNTUK PELAKSANAAN BERBAGAI IDE ATAU SUATU RENCANA STRATEGIS.

BUDAYA KERJA KANTOR

KEMANDIRIAN
Salah satu budaya kerja yang sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi perusahaan adalah kemandirian setiap pekerjanya. Pekerjaan yang mandiri sangat paham apa yang harus dikerjakan secara professional. Setiap pekerja memahami bahwa kualitas individu dalam sebuah tim sangat penting demi menjaga kinerja dan meningkatkan performa tim tersebut.

Untuk mendapatkan kemandirian ini, setiap organisasi dilingkungan perusahaan harusnya sangat memahami tentang career security bukan job security. Memberikan pemahaman tentang konsep ini kepada karyawannya akan membuat budaya prestasi kerja akan timbul dengan sendirinya.

Career security adalah sebuah konsep yang memungkinkan setiap pekerja bersedia meningkatkan kemampuan individualnya demi kemajuannya sendiri. Perusahaan mendapatkan dampak positif dari kemajuan masing masing individu tersebut.

Sebaliknya job security adalah pekerja yang masuk kategori ini sangat bergantung kepada perusahaanya dan tidak terlalu terampil. Akan sangat sulit bagi pekerja jenis ini untuk bias bekerja pada perusahaan lain.

KERJA SAMA
Kerja sama tim dapat tergali dengan baik melalu hal hal seperti berikut:
– Pelatihan bersama. Rasa saling senasib akan menumbuhkan ikatan batin yang kuat antar individu             karyawan
– Program family gathering. Dengan lebih dalam mengenal keluarga masing masing itu, rasa saling menyayangipun akan semakin tumbuh
– Keterbukaan dan transparansi  job description untuk masing masing individu. Mengapa hal ini dapat meningkatkan kerja sama tim? Keterbukaan dan transparinsi deskripsi deskripsi kerja itu membuat masing masing individu bekerja dengan semangat tanpa rasa curiga dengan rekan setimnya
– Penerapan model open management yang serius bukan sekedar lips service dari atasan. Model manajemen ini akan membuat semua pekerja menjalankan peraturan perusahaan dengan senang hati karena jelas hitam putih, hukuman dan reward-nya

 BUDAYA KERJA PABRIK

 (1)     Tindakan manajemen puncak

·        Apa yang dikatakan manajemen puncak akan menjadi panutan karyawan.

·        Bagaimana manajemen puncak berperilaku akan menunjukkan karyawan bersikap dalam berkomunikasi dan berprestasi untuk mencapai standar kinerja perusahaan.

·        Bagaimana manajemen puncak menegakkan norma-norma kerja akan menumbuhkan integritas dan komitmen karyawan yang tinggi.

·        Imbalan dan hukuman yang diberikan manajemen puncak akan memacu karyawan untuk meningkatkan semangat dan disiplin kerja.

(2)     Proses sosialisasi

           Proses sosialisasi dilakukan dalam bentuk advokasi bagi karyawan baru untuk penyesuaian diri dengan budaya organisasi. Sosialisasi dilakukan ketika mereka sedang dalam tahap penyeleksian atau prakedatangan. Tiap calon karyawan mengikuti pembelajaran sebelum diterima. Setelah diterima para karyawan baru melihat kondisi organisasi sebenarnya dan menganalisis harapan-kenyataan, antara lain lewat proses orientasi kerja. Pada tahap ini para karyawan berada dalam tahap “perjuangan” untuk menentukan keputusan apakah sudah siap menjadi anggota sistem sosial perusahaan, ragu-ragu ataukah mengundurkan diri. Ketika karyawan sudah memutuskan untuk terus bekerja, namun  proses perubahan  relatif  masih membutuhkan waktu yang lama maka tiap karyawan perlu difasilitasi dengan pelatihan dan pengembangan diri secara terencana. Dalam hal ini, karyawan harus membuktikan kemampuan diri dalam  penguasaan keterampilan kerja yang disesuaikan dengan peran dan nilai serta norma yang berlaku dalam kelompok kerjanya sampai mencapai  tahap metamorfosis. Secara keseluruhan keberhasilan proses sosialisasi akan sampai pada tahap internalisasi yang diukur dari (1) produktivitas kerja, (2) komitmen pada tujuan organisasi, dan (3) kebersamaan dalam organisasi.

         Hasil penelitian Harvard Business School (Kotter dan Heskett,1992) dalam Moeljono (2004), menunjukkan bahwa budaya korporat mempunyai dampak kuat terhadap prestasi kerja suatu organisasi. Ada empat alasan mengapa pengaruh itu terjadi:

 

(1)   Budaya korporat mempunyai dampak nyata pada prestasi kerja ekonomi perusahaan dalam jangka panjang.

(2)   Budaya korporat bahkan mungkin merupakan faktor yang lebih penting di dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan dalam dekade mendatang.

(3)   Budaya korporat yang menghambat prestasi keuangan yang kokoh dalam jangka panjang adalah tidak jarang juga ditemukan; Budaya itu berkembang dengan mudah dan  bahkan dalam perusahaan yang penuh dengan orang yang bijak dan cerdas.

(4)   Walaupun sulit diubah, budaya korporat dapat dibuat untuk lebih meningkatkan prestasi. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s